Facebook Twitter Google RSS

Sabtu, 08 September 2012

MERIAHNYA PONDOK RAMADHAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH

noerhaji ali khosim     06.26  No comments

(Delanggu) Mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan bernuansa Islami, sepertinya sudah menjadi bagian dalam pembelajaran siswa-siswa sekolah, tidak terkecuali bagi Sekolah Muhammadiyah di Delanggu, Klaten. Di SD Islam Program Khusus (SDI PK) Muhammadiyah Delanggu, Pondok Ramadhan digelar tanggal 2 hingga 4 Agustus 2012. Selama 3 hari anak-anak kelas 4, 5 dan 6 digembleng dengan berbagai kegiatan bernuansa islami. Mulai dari Tadarus Al-Qur'an, Sholat, Cerita Islami, Da'i Cilik, Murotal, Tadabur Alam hingga Ajang Kreatifitas Anak, serta berbagai materi mengenai Khazanah Islam dan Kemuhammadiyahan.
Kepala SDI PK Muhammadiyah Delanggu, R. Taufik NM, SE, M.Pd. mengungkapkan tujuan diadakan Pondok Ramadhan diantaranya untuk meningkatkan iman pada sepuluh hari kedua di bulan Ramadhan, menjalin tali silaturahim antara siswa dan guru SDI PK Muhammadiyah, serta untuk meningkatkan kreatifitas islami anak. Sedangkan target dari kegiatan Pondok Ramadhan adalah meningkatkan ibadah anak, khususnya Sholat dan Murotal Al Qur'an serta meningkatkan potensi anak dalam kemampuannya menjadi seorang Da'i Kecil.
Di SMP Muhammadiyah 4 Delanggu, Pondok Ramadhan digelar pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2012. Kepala SMP Muhammadiyah 4 Delanggu, Drs. Jaka Risadono, mengungkapkan semua siswa sebanyak 65 anak mulai dari kelas 7 hingga 9 diwajibkan mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan. Berbagai kegiatan Islami hingga Penyuluhan bahaya narkoba dan pergaulan bebas ikut mewarnai dalam kegiatan pondok ramadhan. Pondok Ramadhan di SMP Muh. 4 Delanggu selalu dilakukan setiap bulan ramadhan sebagai ajang penggemblengan mental dan skill keagamaan, sedangkan targetnya adalah anak-anak bisa lebih fasih dalam membaca Al Quran dan mengkaji isinya.
Sementara di SMK Muhammadiyah Delanggu, Pondok Ramadhan juga diadakan selama 3 hari pada tanggal 23 hingga 25 Juli 2012 dengan diisi berbagai kegiatan Islami dengan materi Kemuhammadiyahan, Kenakalan Remaja serta Ibadah. Kepala SMK Muhammadiyah Delanggu, Maryoto, S.Ag. mengungkapkan tujuan Pondok Ramadhan adalah untuk menggembleng dan meningkatkan ketaqwaan pelajar. Sedangan targetnya adalah munculnya kemandirian dan ketaqwaan pada jiwa para pelajar. (Zaq)


www.pcmdelanggu.org diterbitkan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Delanggu dan dikelola oleh Majelis Pustaka dan Informasi PCM Delanggu.
View all posts by Noer Al Khosim →

0 komentar :

PP. Muhammadiyah

Nasional

Loading...
Proudly Powered by Blogger.